Tingkat Kesadaran Mahasiswa akan Tuberkulosis
TUBERKULOSIS (Tb) merupakan salah satu penyakit menular yang paling mematikan di dunia dan Indonesia merupakan negara dengan beban Tb tertinggi kedua di dunia. Johnson & Johnson Indonesia bekerja sama dengan Stop Tb Partnership Indonesia (STPI), Indonesia Muda untuk TB (IMUT), dan Yayasan Pijar menggelar kampanye di empat universitas untuk meningkatkan kesadaran akan TB melalui kampanye Tb Warriors 2.0.
Kampanye menjankau Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana, Universitas Airlangga, dan Universitas Indonesia diikuti 7.387 orang mahasiswa dan hampir 1.000 mahasiswa diperiksa.
Regional Public Health Impact & Strategy Lead, Johnson & Johnson Pharmaceutical for Southeast Asia & India Juliana Chin mengatakan kaum muda dapat menjadi perubahan agen yang kuat dalam mengubah persepsi masyarakat mengenai Tb dan meningkatkan kesadaran. "Sebanyak 40% dari populasi Indonesia terdiri atas anak muda, berusia antara 15-24 tahun. tingkat penularan Tb pada kelompok usia ini dapat mencapai 20 kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan populasi lainnya," kata dia.
Ketua Yayasan STPI Nurul Luntungan menambahkan, pihaknya berharap program itu tidak hanya meningkatkan kesadaran tentang Tb, tetapi juga semakin memperkuat gerakan generasi muda untuk mendukung eliminasi Tb 2030. (Iin/H-3)